Blog

Desain Sistem Part 3

Analisis Sistem

Analisis sistem ini digunakan untuk melihat proses-proses sistem baru yang akan dibuat. Dari analisa sistem ini juga bisa melihat perbedaan antara sistem yang lama dengan sistem yang baru. Analisa sistem ini berisi dan System Flow, Data Flow Diagram dan Entity Relationship Diagram.

Desain Sistem

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dibuatlah sistem yang baru. Sistem yang baru tersebut dapat digambarkan pada system flow komputerisasi berikut ini:

System Flow

System flow (Sysflow) memuat hasil analisis yang dibuat berdasarkan hasil survey di UD Jaya Logam Bersama. System flow menggambarkan seluruh proses, yang berhubungan dalam kegiatan pendistribusian dokumen yang dirancang sekarang ini. Setelah menggambarkan Document Flow yang ada pada UD Jaya Logam Bersama, maka langkah selanjutnya adalah mengajukan atau merancang sistem baru untuk menunjang atau mempercepat dan agar tidak kehilangan data. Berikut ini adalah System Flow yang direkomendasikan guna menunjang penjualan dan pembelian bagi UD Jaya Logam Bersama.

System flow Penjualan

System flow penjualan adalah suatu proses pelanggan akan memesan barang yang di inginkan kemudian karyawan akan memberikan sebuah katalog kepada pelanggan, setelah pelanggan memilih barang dam memesan barang karyawan akan menginfokan kebagian gudang untuk bungkus barang yang telah dipilih oleh pelanggan. Pelanggan melakukan pembayaran ke karyawan dan karyawan akan mencetak nota sebagai tanda bukti transaksi

Sysflow penjualan

System flow Pembelian

System Flow pembelian adalah suatu proses dimana pemilik/pembeli akan membeli barang kepada supplier kemudian supplier akan membuatkan daftar barang pesanan yang telah dibeli. Supplier akan mencetak nota sebagai tanda bukti transaksi dan diberikan ke kurir.Kemudian supplier akan meminta data pembeli untuk dikirim ke alamat yang dituju dan juga jurir akan memberikan nota yang telah dicetak oleh supplier.

Sysflow pembelian.jpg

System flow Pemesanan

System flow pemesanan adalah suatu proses dimana pelanggan akan memesan barang dan karyawan akan memberikan katalog barang. Pelanggan akan memilih barang yang akan dipesan dan pelanggan akan meyiapkan barang yang telah dipesan. Kemudian karyawan akan cetak nota sebagai tanda bukti transaksi dan membuat surat jalan sebagai tanda bahwa barang siap untuk diantarkan ke lokasi yang sudah dtentukan.

Sysflow pemesanan.jpg

Data flow diagram

Data Flow Diagram digunakan untuk menggambarkan aliran data dan proses yang terjadi dalam sebuah sistem serta entitas-entitas apa saja yang terlibat.

Context Diagram

Context diagram dari aplikasi sistem informasi penjualan dan pembelian galvallum ini terdiri dari dua entitas dengan aliran data masing-masing yang saling terkait. Dua entitas tersebut adalah entitas Pemilik, entitas Karyawan.

DFD

Context Diagram.jpg

DFD Level 0

Drawing1

ERD

Entity Relationship Diagram digunakan untuk menggambarkan tabel-tabel yang ada dalam sebuah sistem, berikut relasi antar tabelnya.

Conceptual Data Model

Conceptual Data Model pada Rancang Bangun Sistem Informasi penjualan dan pembelian di UD Jaya Logam Bersama, merupakan model struktur logis dari keseluruhan aplikasi data. CDM dibawah ini memiliki 23 entity yang saling terhubung.

Untitled

Physical Data Model

Pada DFD level 1 proses mengelola data master, menjelaskan secara umum proses yang dilakukan saat mengelola data master.

 

Untitled

Rahmat Julianto Putra
Email Mahasiswa : putra.rjp55@gmail.com

DIII Manajemen Informatika
http://mi.stikom.edu
Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom,OCP
http://blog.stikom.edu/lusiani
https://titiklusiani.wordpress.com
http://www.stikom.surabaya

Identifikasi masalah Part 2

A. Judul

Rancang Bangun Sistem Informasi penjualan dan pembelian galvallum pada UD Jaya Logam Bersama.

B. Dokument Flow

Document flow Penjualan

Document flow penjualan adalah suatu proses pelanggan akan memesan barang yang di inginkan kemudian karyawan akan memberikan sebuah katalog kepada pelanggan, setelah pelanggan memilih barang dam memesan barang karyawan akan menginfokan kebagian gudang untuk di packing barang yang telah dipilih oleh pelanggan. Pelanggan melakukan pembayaran ke karyawan dan karyawan akan mencetak nota sebagai tanda bukti transaksi.

docflow penjualan.jpg

Document flow Pembelian

Document flow pembelian adalah suatu proses dimana pemilik/pembeli akan membeli barang kepada supplier kemudian supplier akan membuatkan daftar barang pesanan yang telah dibeli. Supplier akan mencetak nota sebagai tanda bukti transaksi dan diberikan ke kurir.Kemudian supplier akan meminta data pembeli untuk dikirim ke alamat yang dituju dan juga jurir akan memberikan nota yang telah dicetak oleh supplier.

docflow pembelian.jpg

 

Document flow Pemesanan

Document flow pemesanan adalah suatu proses dimana pelanggan akan memesan barang dan karyawan akan memberikan katalog barang. Pelanggan akan memilih barang yang akan dipesan dan pelanggan akan meyiapkan barang yang telah dipesan. Kemudian karyawan akan cetak nota sebagai tanda bukti transaksi dan membuat surat jalan sebagai tanda bahwa barang siap untuk diantarkan ke lokasi yang sudah dtentukan

docflow pemesanan.jpg

Rahmat Julianto Putra
Email Mahasiswa : putra.rjp55@gmail.com
DIII Manajemen Informatika
Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom,OCP

Gambaran umum Part 4

A. Link video Proyek Akhir dapat kalian lihat di: https://youtu.be/AoZcpkj6wUQ

B. File poster Proyek Akhir.

desain Poster PA Rahmad Julianto Putra.png

C. Catatan pengalaman Proyek Akhir.

Pengalaman mengerjakan proyek akhir sangatlah tidak gampang, berawal dari saya mencari kasus apa yang akan saya gunakan sebagai topik dalam proyek akhir. Mencari kasus / judul proyek akhir yang sangat sulit dan saya mencari di beberapa perusahaan yang cocok untuk saya jadikan sebagai kasus / judul saya nantinya. Beberapa hari kemudian saya mendapatkan perusahaan yang bersedia untuk saya gunakan sebagai topik di proyek akhir saya. Saat mengerjakanyapun saya sedikit kewalahan dan keteteran, sebab saya tidak begitu jago dalam hal coding dan desain. Memiliki kekurangan dalam mengerjakan proyek akhir tidak membuat saya menyerah begitu saja. Saya memiliki tekad dan semangat untuk mempelajari cara mengcoding dan mendesain tampilan. Apabila saya tidak mengerti mengoding atau ada yang error dalam program saya, saya akan bertanya kepada teman-teman yang lebih memahami. Usaha takkan mengkhianati hasil, Proyek Akhir sayapun selesai setelah melewati banyak rintangan yang lumayan susah. Setiap proses dalam mengerjakan sesuatu pasti ada saja negatifnya, tetapi apabila kita mau berjuang dan tidak menyerah dalam sesuatu hal, kita pasti dapat menyelesaikannya dan mendapatkan hasil yang positif.

 

Rahmat Julianto Putra
Email Mahasiswa : putra.rjp55@gmail.com
DIII Manajemen Informatika
Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom,OCP

Proposal Proyek Akhir 17.2

1. Judul

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN GALVALLUM PADA UD JAYA LOGAM BERSAMA

2. Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin maju pesat. Teknologi informasi sekarang sudah menjadi penentu atas terlaksananya sasaran dan strategi dari perusahaan. Begitu juga pelaporan penjualan dan pembelian adalah hal yang penting dalam mencapai suatu tujuan dari perusahaan. Salah satunya adalah pelaporan proses transaksi perusahaan.

UD Jaya Logam Bersama merupakan salah satu perusahaan  yang bergerak di bidang distribusi dan perdagangan produk bahan bangunan yang terbuat dari besi dan baja. UD Jaya Logam Bersama merupakan salah satu distributor atap galvallum yang ada di Indonesia lebih tepatnya di Perum Jaya Regency Blok U-2 Desa Pepe Sedati Sidoarjo. Perusahaan distributor galvallum menyediakan berbagai macam merk dengan ukuran yang berbeda beda dan disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Terdapat beberapa  permasalahan yang ada di perusahaan tersebut, seperti pencatatan yang dilakukan pada UD Jaya Logam Bersama masih manual, sehingga proses yang dilakukanya sering mengalami kesulitan untuk mengetahui dengan cepat seluruh datadata transaksi yang telah dilakukan.

Berdasarkan masalah di atas, maka dibuat Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian pada UD Jaya Logam Bersama. Sistem ini dapat membantu pengelolaan transaksi yang ada pada UD Jaya Logam Bersama dengan mudah. Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian ini dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Dengan adanya aplikasi ini, pihak perusahaan dapat melakukan proses kegiatanya secara mudah dan tidak memakan waktu begitu banyak.

3. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana merancang bangun Sistem Informasi penjualan pada UD Jaya Logam Bersama?
  2. Bagaimana merancang bangun Sistem Informasi pembelian pada UD Jaya Logam Bersama?
  3. Bagaimana merancang bangun Sistem Informasi Pemesanan padaUD Jaya Logam Bersama?

4. Batasan Masalah

Batasan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasi yang dibuat dalam bentuk web dengan judul sistem informasi penjualan dan pembelian galvallum.
  2. Sistem yang dibahas meliputi:
  3. Merekam Penjualan.
  4. Merekam Pembelian.
  5. Merekam Persewaan.
  6. Pengguna pada Aplikasi penjualan dan pembelian galvallum yaitu karyawan dan pemilik.
  7. Tidak membahas tentang jaringan dan keamanan sistem.

5. Tujuan

Tujuan pada penelitian ini, adalah sebagai berikut:

  1. Rancang bangun aplikasi yang dapat memudahkan pihak perusahaan dalam kegiatan penjualan, pembelian, pemesanan?
  2. Rancang bangun aplikasi untuk melakukan penjualan, pembelian, pemesanan, dan pengecekan stok barang.
  3. Rancang bangun aplikasi yang dapat digunakan untuk menerima setiap laporan data  penjualan, pembelian, pemesanan, dan pengecekan stok barang dari karyawan ke pemilik UD Jaya Logam Bersama?

 

Rahmat Julianto Putra
Email Mahasiswa : putra.rjp55@gmail.com
DIII Manajemen Informatika
Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom,OCP